-->

Cara Sukses Menabung Walaupun Gaji Sedikit

Halo semuanya, selamat datang di clossing.com. 
Banyak orang yang belum menemukan cara yang tepat untuk menabung dengan baik, akibatnya mereka sering gagal menyisihkan uang tiap bulannya untuk disimpan. Meskipun tanpa kita sadar, kita sudah diajari oleh orang tua kita sejak kecil cara menabung dengan baik.
Gambar oleh Alexa dari Pixabay
Contohnya adalah mereka membeli celengan dan meminta anda agar menaruh sisa uang jajan ke celengan tersebut. Jika celengan sudah penuh, celengan itu dipecah dan uang tersebut digunakan untuk membeli kebutuhan sekolah seperti sepatu atau seragam.

Kendala utama kebanyakan orang untuk menabung selain membayar hutang adalah gaya hidup konsumstif dan tidak adanya manajemen keuangan yang baik. Seperti habiskan untuk hal-hal yang tidak penting diluar kebutuhan pokok harian.

Yang jadi masalah adalah bagi anda yang bergaji kecil. Jangan khawatir, disini saya akan membagikan "Cara Sukses Menabung Walaupun Gaji Sedikit". Anda yang bergaji kecil pun tetap bisa menabung. berikut ini hal yang perlu anda perhatikan agar anda bisa menabung dengan baik :

1. Punya Tujuan Yang Jelas

Dengan adanya tujuan yang anda impikan, anda jadi lebih fokus dan serius mengejar mimpi. Oleh karena itu, menetapkan tujuan dengan komitmen dan kerja keras untuk mencapai tujuan tersebut. 

Contoh yang diinginkan adalah membuka jasa potong rambut, langkah awal yang anda lakukan adalah harus punya alat potong rambut terlebih dahulu. Jadikan tujuan menjadi motivasi untuk lebih semangat menabung. 

2. Menabung di Awal Gajian

Setelah menerima gaji, anda harus memisahkan uang untuk ditabung sebelum di gunakan untuk keperluan lainnya. Tapi sebelum itu harus dihitung dulu berapa persen yang akan di tabung. 

Mulai dengan menabung 10% dari gaji, misal gaji anda 1 bulan 4 juta berarti anda sisihkan 400 ribu.Walaupun terkesan sedikit, tapi nanti lama-kelamaan menjadi banyak. Dengan menabung di awal gajian, menjadikan uang aman tersimpan dan tidak mudah tergiur dengan keinginan yang tidak penting.

Baca Juga : 
3. Membuat Anggaran Bulanan

Catat semua anggaran bulanan selama 1 tahun. Pencatatan secara sistematis sangat membantu anda untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan yang tidak terlalu penting, karena ini akan sangat membantu anda untuk menabung dengan benar.

Misalnya, Jika pendapatan anda 4 juta, dan tadi sudah diambil 400 ribu untuk menabung. Berarti masih sisa 3.6 Juta. Jika pengeluaran anda 1 harinya 70 ribu, maka dalam 1 bulan adalah 2.1 Juta rupiah.

Masih ada sisa 1.5 juta, hadiahkan untuk diri sendiri karena anda sudah sukses dalam menabung. Anda bebas memakai uang tersebut, misalnya dipakai untuk makan, untuk liburan, untuk keperluan lain-lain misal untuk menonton atau shopping. Karena menabung bukan berarti menyengsarakan diri sendiri.

4. Melunasi Hutang Sebelum Menabung

Sebelum anda menabung, sebaiknya lunasi dulu semua hutang yang anda punya. Jika hutang tidak segera dibayar, maka akan menjadi beban tersendiri jika tidak dibayar dengan segera dan bisa menjadikan keuangan semakin amburadul. 

Dengan lunasnya hutang yang anda punya di awal, ini akan menjadikan anda lebih fokus untuk menabung dengan baik dan tanpa beban pikiran. 

Demikian  artikel tentang "Cara Sukses Menabung Walaupun Gaji Sedikit", semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Silahkan share ke teman, keluarga, maupun sahabat anda agar mereka semua ikut mendapat manfaatnya.


0 Response to "Cara Sukses Menabung Walaupun Gaji Sedikit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel