-->

6 Jenis Pekerjaan Digital Marketing Bagi Pemula Bisnis Online

Halo semuanya, selamat datang di clossing.com. Hari ini saya akan ngomongin mengenai jenis pekerjaan di dalam dunia Digital marketing. Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa anda lakukan.

Bicara Digital marketing akan selalu menarik. Digital marketing itu apa? digital marketing itu adalah salah satu profesi atau salah satu pekerjaan, yang jaman sekarang di bisnis online sangat penting. 


Karena Digital marketing itu adalah strategi untuk membuat calon customer kenal sama kita, jadi customer kita, beli barang kita bahkan bisa bantuin promosi barang kita.
Kita akan mulai langsung jenis pekerjaannya. 

Apa aja jenis pekerjaan Digital marketing antara lain:

1. Grafis Desainer

Menurut saya sangat krusial yaitu Grafis Desainer. Jadi yang namanya grafis desainer itu zaman sekarang sangat di perlukan.  Grafis desainer yang kerjaannya bikin ilustrasi gambar, bikin komposisinya komposisinya dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, penting banget kita perlu ada grafik desainer. Karena ini bukan pekerjaan yang gampang. Bikin website, bikin design Advertising, itu bukan pekerjaan gampang.

Nah itu perlu seorang Grafis Desainer yang memang mendedikasikan dirinya jago pakai Photoshop, Illustrator dan sebagainya. 

2. Copy Writer 

Apa itu copy writer, adalah orang yang mikirin captionnya, supaya yang diiklanin ini relevan dengan apa yang ditulis dan tulisannya ini juga relevan dengan brand-nya. 

Contohnya misal brand-nya anak muda gitu tulisannya jangan Anda, Kalian. Langsung aja Bro, lu, gue, kayak gitu. Ini yang harus punya skill yang bagus karena bahasa ngomong seperti ini dengan bahasa tulisan beda. 

Kalau misalnya nulis sama ngomong nggak sama, ini perlu ada orang yang khusus memang mikirin gimana caranya untuk bikin bikin deskripsi yang baik, dan itu kerjaannya namanya copy writer.

3. Digital Advertiser 

Sekarang banyak sekali orang yang belajar digital Ads, Gimana caranya iklan di Facebook, Instagram, Google, YouTube, tiktok dan sebagainya. Pasang iklan juga perlu belajar karena setiap produk berbeda-beda.

Bukan cuma masang, anda perlu tahu juga gimana targeting nya, gimana pixel retargeting, gimana, caranya dipahami betul efektif enggak ya supaya nggak bocor, enggak cuma buang duit. Itulah pentingnya ada seorang yang khusus untuk digital advertiser. 

4. Content Manager 

Content Manager ini kalau misalnya Digital marketing ini dibagi menjadi mofu. dia harus bikin content yang cocok untuk para pemirsa dan para user yang baca. Departemen ini kerjanya bukan cuma riset dan cari topik aja. 

Tapi dia perlu bikin konten kalender kapan, konten ini buat media mana, apakah konten ini buat Instagram, Facebook, atau buat tiktok dan sebagainya.


5. Content Creator 

Content Creator adalah jenis pekerjaan digital marketing yang juga sangat-sangat penting.  Content creator creator ini adalah orang-orang memang didepan layar dan dibalik layar. Tapi konseptualnya itu perlu satu konten manager.

Yang namanya Digital marketing ya isinya semuanya konten. anda perlu konten dimana-mana untuk iklan, untuk ngasih tips, ngasih edukasi, testimoni dan sebagainya. 

6. Programmer

Sebenarnya programmer ini boleh ada boleh nggak. kalau misalnya enggak terlalu mengerti mengenai teknis dan programing lain sebagainya programmer. Tapi biasanya pada saat anda udah mulai besar dan anda perlu programmer. 

Misalnya kayak plugins, atau hal-hal yang istilahnya customize, yang hanya dipakai buat anda sendiri, anda perlu programmer. 

Atau anda mau bikin tools-tools yang bisa mendukung anda yang tidak tersedia di market, Nah itu anda perlu programmer. Programmer itu penting banget kalau misalnya Anda pengen bikin customization. 

Yang penting mindset harus bener dari awal. Jangan sampai anda terlalu pelit dan tidak mau invest untuk divisi digital marketing anda. Jadi sebuah divisi itu emang harus diinvestasikan baik dari orangnya, belajarnya itu harus anda investasikan dengan serius. 

Demikian  artikel tentang "6 Jenis Pekerjaan Digital Marketing Bagi Pemula Bisnis Online", semoga bisa membuka pikiran dan bermanfaat bagi kita semua. Silahkan share ke teman, keluarga, maupun sahabat anda agar mereka semua ikut mendapat manfaatnya. Terimakasih

0 Response to "6 Jenis Pekerjaan Digital Marketing Bagi Pemula Bisnis Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel